Mengenai Saya

Foto saya
Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia
Saya adalah orang yang lucu, dan tidak suka berbohong.
Powered By Blogger

Sabtu, 28 Mei 2011

Struktur Dan Komponen Sepeda

Jangan bingung nama komponen sepeda, hanya beda bahasa antara Inggris dan Indonesia

Banyak penguna sepeda MTB bingung atas nama komponen sepeda. Walaupun sudah mengenal komponen dalam istilah Indonesia, tetapi banyak komponen sepeda disebut dalam bahasa Inggris.

Gambar dibawah ini nama nama dari komponen sepeda dalam bahasa Inggris. Biar tidak membingungkan istilah spoke yang artinya jari jari sepeda, atau handlebar yang diartikan stang sepeda.

Handlebar | Stang sepeda

Grip | Pegangan pada stang sepeda

Headset dan Stem | Headset :Tiang penahan bagian stang sepeda dari garpu sampai ke frame dan kemudi sepeda. Dibuat dalam 1 set. Stem : penghubung tiang garpu depan ke stang sepeda, dijepit dengan headset

V-brake | Rem konvensional dengan karet

Disc Brake Mechanic | Rem dengan rotor, mengunakan sistem kabel

Disk Brake Hydrolic | Rem dengan tekanan oli, lebih nyaman dibandingkan rem Mekanik. Masuk kategori rem sepeda premium

Rim | Velg roda

Hub | Hub, gear, bagian tengah roda yang menyambung ke badan sepeda dan garpu depan

Spoke | Jari jari sepeda

Rigid Fork | Garpu depan tanpa pegas

Suspension Fork | Garpu depan dengan pegas, memiliki sistem dari kombinasi Angin, Oli dan Per. Dibagi dengan Front suspension (garpu depan pegas) dan Rear (pegas suspensi bagian belakang)

Crank | Gigi depan terubung ke pedal sepeda

Bottom Bracket | Silinder untuk penahan gigi depan. Jenis bearing pada sepeda baru. Sepeda lama hanya mengunakan ball bearing yang menyatu dengan crank.

Chain | Rantai sepeda

Seat post | Batang atau tiang penahan sadel / tempat duduk sepeda

Saddle | Sadel atau tempat duduk sepeda

Cassette / sprocket | Gigi belakang sepeda

FD / RD / Rear Mechanic | Alat pemindah gigi bagian belakang atau depan

Clampset | Penahan seatpost, penjepit tiang bangku sepeda untuk menurun dan menaikan bangku.

Wheelset | Roda sepeda termasuk bagian hub, velg dan jari jari. Biasanya dirancang menjadi satu unit dan dibuat oleh pabrikan.

Tire / Tube | Ban luar

Inner Tube | Ban Dalam

Tubeless Ban | sepeda tanpa ban dalam, hanya ban luar saja. Memerlukan Velg khusus untuk ban Tubeless

Quick Release | Kunci bagian roda, agar mudah di lepas pasang. Biasanya di singkat QR

Rotor Besi | cakram sepeda jenis disc brake

Presta atau Schrader | Jenis pentil ban sepeda, Presta ukuran kecil dan Schrader untuk ukuran besar seperti pentil motor

Brake pad | Kanvas Rem untuk rem jenis Disc Brake penjepit cakram

Thru- Axle | Seperti Quick Release, tetapi berbentuk slot yang dimasukan di bagian garpu depan sepeda tipe True-Axle. Biasanya lebih handal dan lebih menjamin agar roda depan tidak mudah lepas.

Rim tape | Pelindung ban dalam. Seperti pita yang dililitkan pada velg/rim sepeda. Melindungi bagian ban dalam agar tidak tersobek oleh lubang jari jari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar